Monday, January 23, 2017

Wanna Study Fashion?

I looooove fashion! Aku ngerasa beruntung banget bisa bekerja di sebuah industri yang sangat aku sukai, karena tiap hari aku bawaannya jadi semangat terus untuk bangun and langsung kerja hehehe. Walaupun aku sekarang berkecimpung di dunia fashion sebagai fashion blogger, fashion stylist, dan juga menjadi Creative Director untuk bisnis sepatu, clothing line dan juga brand tas-ku sendiri, aku sebenarnya gak punya background fashion sama sekali. Aku lulusan teknik yang lanjut S2 di bidang Manajemen Bisnis. Tapi semisalnya kalau boleh milih dan masih dikasih kesempatan, aku mauuuu bangeetttt sekolah fashion. Perhaps kalau dulu aku sekolah fashion, aku bisa lebih maju lagi daripada sekarang.


Banyak yang ngira kalau sekolah fashion itu tujuannya hanya satu, yaitu untuk melatih dan mengembangkan para fashion designer. Jadi, dipikirnya yang dipelajari di sekolah fashion itu terbatas pada belajar sketsa, menjahit, membuat pola. Padahal, the fashion industry is so much more than that. Di industri fashion, masih banyak profesi yang bisa kita pilih selain sebagai fashion designer, misalnya, sebagai fashion stylist, fotografer fashion, jurnalis / penulis di bidang fashion, para profesional Public Relations (PR) yang spesialisasinya mengerjakan fashion brands, atau sebagai pengusaha fashion retail alias membuka bisnis fashion yang memerlukan pengetahuan yang baik dalam pengembangan brand dan juga marketing.

Supaya kita lebih bisa punya pemahaman yang lebih baik terhadap dunia fashion, kita perlu memilih sekolah fashion yang sesuai dengan kebutuhan kita dan bisa mengakomodir semua kebutuhan ini.

Salah satu sekolah fashion yang bisa kalian pilih adalah The MDIS School of Fashion and Design (SFD) yang berlokasi di Singapore. Tidak hanya memiliki kurikulum yang baik dengan pengajar internasional yang berkualitas, institusi ini juga memiliki koneksi yang luas di industri fashion sehingga mereka bisa membantu para lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai nantinya (psssst, in fashion, networking is so important!). Di sekolah ini, siswa akan mendapatkan pembelajaran antara teori dan praktek sehingga siswa dapat melatih diri untuk memahami cara balancing. Toh pasti kamu mau kan desain atau hasil karya kamu terjual! :)

Agar lulusan MDIS juga bisa bersaing di era global saat ini, mereka telah ber-partner secara resmi dengan Nottingham Trent University (UK) yang berada di peringkat ke-5 di “The Guardian University Guide 2017: League Table for Fashion and Textiles”, dan peringkat ke-9 di “The Business of Fashion’s Global Fashion School Ranking for Undergraduate courses in 2016”.

Salah satu karya rancangan Delia Kartika, student of MDIS

Program-program yang tersedia di MDIS School of Fashion and Design meliputi:
  • Bachelor of Arts (Hons) Fashion Design
  • Bachelor of Arts (Hons) Fashion Marketing and Branding
  • Diploma in Fashion Design and Marketing
  • Diploma in Fashion Marketing and Communication

Program-program ini adalah 100% course work dimana siswa akan bekerja dengan para profesional di industri fashion dalam sebuah project secara nyata. Diploma course dapat diselesaikan dalam jangka waktu 9 bulan. Institusi ini punya dua fashion design studio untuk siswa merasakan pengalaman secara nyata. Siswa mendapatkan praktikum, project nyata dan melakukan presentasi. Selain itu siswa juga berkesempatan untuk bekerja dengan mitra di industri fashion, pergi ke luar negeri untuk kunjungan lapangan dan mempelajari pasar internasional.

Program Bachelor of Arts (Hons) Fashion Marketing & Branding juga menyediakan magang selama 10 minggu, melalui jaringan perusahaan internasional dan lokal. Selain itu, MDIS juga terdaftar dalam Singapore’s Ministry of Manpower sebagai institusi yang diterima untuk izin pelatihan pekerjaan.

Siswa-siswa di MDIS dapat menikmati fasilitas di areal MDIS meliputi library, gym, bookshop, foodcourt, student hostel and café.

Institut ini juga menyediakan workshops untuk siswa penuh-waktu yang ingin mengembangkan diri lebih lanjut secara personal dan profesional, sehingga para siswa dapat meningkatkan self-confidence, self-motivation, creativity and communication skills yang baik.

Kayak apa sih serunya menjadi siswa MDIS School of Fashion and Design? Yuk intip MDIS Graduation Show 2016 yang diadakan di Singapore Fashion Week bulan Oktober!

For more info, bisa baca-baca lebih lanjut disini yaa! :)              

4 comments:

Dian Eato said...

mba teknik arisitek yah ? :)

Jessica said...

Very nice article

Jual Green Coffee said...

Mbak teknik arsitek yah ?

klikzetha.com said...

inspired pics....many thanx kakak

Blogging tips